Motivasi Dalam Hidup

Motivasi Dalam Hidup
by Djoko Komara
Senior Marketing Manager K-Link Indonesia

DALAM menjalani hidup kita, motivasi sangat diperlukan, karena jika hanya sekadar melakukan tanpa tahu tujuan ataupun maksud Anda melakukannya, pada akhirnya adalah sesuatu yang sia-sia. Hidup tanpa motivasi terasa membosankan, mengalir begitu saja, tanpa gairah dan kita terjebak dalam hal-hal rutinitas saja.

Banyak orang yang menjadi kurang termotivasi dalam hidup ini karena banyak faktor. Faktor karena mengalami kegagalan dan putus asa sehingga merasa enggan untuk bangkit kembali menjadi trauma yang membelenggu Anda. Selain itu pengaruh buruk dari lingkungan juga turut ambil bagian dalam menghancurkan motivasi seseorang. Karena berada dalam lingkungan orang-orang yang selalu pesimis, banyak alasan, negative thinking dan sejenisnya, secara perlahan-lahan motivasi kita diracuni oleh orang-orang tersebut. Faktor lainnya, karena kita tidak pernah membuat rencana dalam hidup ini, atau kalaupun ada seringkali tidak mempunyai tujuan yang jelas dan tidak mungkin dicapai.

jogjaklink116

jogjaklink116

Motivasi pada dasarnya datang dari dalam diri kita masing-masing. Motivasi akan muncul ketika berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan seperti keinginan, ambisi, kebutuhan dan impian. Motivasi juga muncul dari pengalaman dan tantangan dalam hidup kita. Faktor lainnya yang turut membentuk motivasi kita berasal dari keluarga, teman dan memiliki kehidupan finansial yang lebih baik, Anda akan bekerja dan berusaha lebih giat. Ketika Anda ditantang untuk membuktikan kemampuan Anda, Anda akan berusaha lebih keras agar mencapai prestasi yang lebih baik. Ketika keluarga Anda hidup dalam kekurangan, Anda termotivasi untuk mengubah kehidupan Anda agar dapat hidup lebih layak.

djoko-komara116Motivasi seperti apa yang diperlukan untuk bisa sukses? Saya teringat sebuah cerita sbb:

Suatu ketika seorang pemuda yang baru saja menyelesaikan sekolahnya pergi menemui seorang Kakek Maha Guru yang dikenal sebagai orang tua yang bijak bag masyarakat di desanya. Kedatangan sang pemuda disambut Kakek Maha Guru dengan ramah dan kemudian pemuda tersebut bertanya, ”Wahai Kakek Maha Guru yang bijaksana, beritahukan padaku rahasia untuk meraih kesuksesan dalam hidup ini?”.

Sang kakek tertegun mendengar pertanyaan anak muda itu, namun segera berdiri dan mengajak pemuda tersebut keluar dari rumahnya dan berjalan kaki menelusuri kalan dan perbukitan hingga berhenti di sebuah sungai. Mereka menyeberangi sungai sampai di tengah sungai yang ternyata agak dalam. Sang kakek menyuruh pemuda tersebut mengamati dasar sungai itu, pada saat wajah pemuda sudah dekat dengan permukaan air sungai tiba-tiba sang kakek membenamkan kepala pemuda ke air yang membuat anak muda ini berontak dan berusaha keras mengeluarkan kepalanya dari air, begitu berlangsung hingga tiga kali. Melihat sang pemuda sudah lemas, sang Kakek Maha Guru pun menariknya ke pinggir sungai untuk beristirahat sejenak lalu mengajaknya pulang.

Sesampai di rumah, sang pemuda masih terdiam memendam rasa kesal akibat peristiwa tadi, kemudian sang kakek bertanya kepadanya, ”Apa yang paling kamu inginkan ketika kepalamu tenggelam di sungai tadi?”. Dengan penuh rasa geram, spontan anak muda itu menyahut, ”Tentu saja saya ingin bernafas!”.

Orang tua itu melanjutkan perkataannya dengan tenang, ”Anak muda, jika motivasimu untuk sukses sekuat keinginanmu untuk bernafas saat kepalamu terbenam di sungai, maka kamu akan menemukan rahasia kesuksesan yang sesungguhnya, engkau akan selalu menemukan solusi dari hambatan-hambatan dalam proses perjalananmu menuju sukses”.

Motivasi adalah burning desire, semangat atau dorongan yang memungkinkan kita melakukan hal-hal tersebut. Orang yang tidak mempunyai motivasi dalam hidupnya adalah orang yang tidak akan melakukan banyak hal yang berarti dalam hidupnya. Bila saat ini Anda tidak tahu motivasi hidup Anda saat ini, sebaiknya Anda segera menemukannya kembali. Karena jika tidak, maka Anda akan menjadi orang yang tertinggal dan tidak dapat menikmati hidup ini.

Pada saat Anda jatuh, bangkitlah kembali dan gali serta temukan motivasi hidup Anda. Ingat bahwa Anda punya impian dalam hidup ini. Jika Anda belum memiliki impian, buatlah! Jangan tunggu lagi! Impian Anda adalah motivasi hidup Anda.

“The poorest man in the world is not he who is without a cent, but he who is without a dream.”

Orang yang paling miskin di dunia bukan orang yang tanpa satu sen pun, tetapi orang yang tidak mempunyai impian.

Anda tentukan ulang kehidupan seperti apa yang Anda inginkan dalam 5-10 tahun mendatang? Jangan khawatir mengenai posisi atau siapa Anda sekarang. Beranikan diri untuk membuat suatu target.

“It does not matter who you are now, what matter is who you’ll be in the future.”

Tidak penting siapa Anda sekarang, yang penting adalah siapa Anda di masa mendatang.

Sumber: Global Network K-Link International, Indonesia, November 2007, Nomor 18, h. 40-41

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s