mamaknai Sumpah Pemuda

Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 2011 kita memperingati hari Sumpah pemuda, apa makna sumpah pemuda buat para pemuda zaman sekarang?

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda).

Begitu besar peranan pemuda saat itu,tekad yang bulat untuk lepas dari penjajahan saat itu. Bagaimana dengan pemuda-pemuda saat ini? Mereka tidak harus langsung berhadapan dengan penjajah, hidup damai, segela kebutuhan tercukupi bahkan kadang lebih dari cukup. Tapi kenapa pemuda-pemuda sekarang seperti tidak memeiliki peranan seperti pemuda dulu. Kondisi ekonomi yang carut marut, korupsi yang menyebar bagaikan virus di komputer dan kondisi lain dengan bangsa ini. Dimanakah peranan pemuda-pemuda sekarang dalam mengatasi permasalahan-permasalahn tersebut?

Saat ini kita butuh pemuda-pemuda yang memiliki tekad yang kuat dan tahan banting tidak manja serta memiliki jiwa kepemimpinan. Bangkitlah wahai pemuda, tinggalkan segala bentuk Narkoba yang menghancurkan masa depan, bangkitkan raksasa dalam diri kalian. Bangsa ini membutuhkan pemuda-pemuda yang kuat (dlm segala hal baik agama maupun yg lain). Teruslah berkarya dan berjuang jangan pernah mengeluh apalagi menyerah dengan kondisi yang ada. Telorkan prestasi bukan frustasi,buat bangsa ini bangga dengan prestasi-prestasi kalian.

Selamat berkarya dan berkarya …..wahai pemuda
Mari kita tunjukan bahwa pemuda masih punya peranan
Lakukan peranan kalian masing-masing dengan sungguh-sungguh
Semoga ALLAH SWT memudahkan langkah-langkah kita semua, Aaamiin.

Muslimin
Owner Toko Herbal Muslim

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s