Tahun Baru Islam Momentum Perbaikan Diri

Waktu berjalan terus, semakin hari semakin bertambah sedang usia kita makin berkurang. Waktu teramat penting buat kita sebagai seorang muslim karena ketika kita melewatkan waktu yang kita lalui begitu saja tanpa ada hal-hal yang kita lakukan maka kita akan kehilangan waktu tersebut, dan waktu tersebut tidak akan bisa kembali. Merupakan sebuah kerugian besar ketika kita melewatkan waktu-waktu kita/ kesempatan begitu saja tanpa di isi dengan hal-hal yang bernilai, sehingga hanya akan timbul sebuah penyesalan yang terlambat.

Hisab/ hitung apa yang sudah kita lakukan dengan melakukan perenungan di setiap harinya. Hal-hal apa yang harus di perbaiki dan di tingkatkan dan hal-hal apa yang perlu di tinggalkan karena waste the time (hanya membuang-buang waktu).

Imam Hakim dan Baihaqi telah meriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw. bahwa beliau bersabda sebagai berikut:
“Manfaatkanlah kesempatan yang lima, sebelum (datang) lima yang lainnya, yaitu: Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Masa sehatmu sebelum datang sakitmu. Masa kayamu sebelum datang fakirmu. Masa hidupmu sebelum matimu. Dan masa senggangmu sebelum datang kesibukanmu.”

# “Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu”. Masa muda hendaklah dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencapai kebaikan, kesuksesan, dan keberhasilan, karena masa mudalah kita mempunyai ambisi, keinginan dan cita-cita yang ingin kita raih, bukan berarti masa tua mneghalangi kita untuk tetap berusaha mencapai keinginan kita, tapi tentulah usaha masa tua akan berbeda halnya dengan usaha saat kita masih muda. Maka dari itu masa muda hendaklah diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat hingga tidak menyesal di kemudian hari.

# “Pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu”. Hal ini juga anjuran agar kita senantiasa waspada pada segala kemungkinan yang sifatnya diluar prediksi manusia, seperti halnya sakit. Sakit disini bukan sebatas sakit jasmani, tapi juga sakit rohani. Maka ketika kita sehat jasmani-rohani, hendaknya kita senantiasa mempergukannya untuk hal-hal yang bermanfaat tanpa mengulur-ngulur waktu.

# “Pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu/fakir”. Tidak terlalu jauh berbeda dari penjelasan di atas, ketika kekayaan ada pada kita, baik itu berupa materi atau lainnya, maka hendaknya kita memanfaatkannya sebaik-baiknya, jangan menghambur-hamburkan.

# “Pergunakan hidupmu sebelum datang matimu”. Yang terakhir ini merupakan cakupan dari empat hal diatas. Ketika kita diberi kehidupan maka hidup yang diberikan pada kita itu sebenarnya merupakan kesempatan yang tiada duanya. Karena kesempatan hidup tidak akan datang untuk kedua kalinya. Kehidupan harus dijalani sesuai tuntutan kemaslahatannya.

# “Pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu”. Disini kita dianjurkan untuk menghargai waktu, agar bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, menengok saudara ketika ada kesempatan sebelum kesibukan menghampiri kita, hingga tidak sempat lagi untuk sekedar mengunjungi kerabat.

Kesempatan akan terasa begitu penting ketika kesempatan itu melewati kita begitu saja tanpa kita hiraukan, seperti ketika kesempatan untuk melakukan ibadah disaat kita sehat, akan terasa menyesal ketika kita dalam kondisi sakit dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Begitu juga dengan pergantian tahun yang hampir setiap tahun kita lewati baik pergantian tahun islam atau masehi. Kadang seolah-olah itu hal biasa tanpa ada muhasabah/ mengitung/ mengevaluasi tentang diri kita. Setiap tahun selalu ada pergantian tahun tapi kita tak pernah muhasabah, merenung tentang apa yang telah kita lakukan. Memang seharusnya tidak harus tiap tahun baru melakukan muhasabah tapi bisa kita lakukan setiap hari tapi momen tahun baru biasanya akan lebih luar biasa efek terhadap diri kita ketika kita melakukan muhasabah.

Belum terlambat, masih ada waktu mari kita jadikan momen tahun baru islam ini untuk melakukan perbaikan diri. Hari ini harus lebih baik dari hari kemaren begitu juga tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu inilah Moto Hidup kita. Lakukan dan terus lakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan, hasil kan karya-karya terbaik kita setiap harinya.

Jadilah insan-insan yang bermanfaat buat orang lain dengan melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan. Sekecil apapun hal baik yang kita lakukan percayalah ALLAH SWT akan menghitungnya sebagai amal kebaikan kita jadi just do it. Mari jadikan tahun baru islam ini sebagai titik perubahan/ momen perubahan ke hal yang lebih baik.

Segenap Kru Toko Herbal Muslim
Mengucapkan
Selamat Tahun Baru Islam 1433 H
Momentum perubahan diri ke arah yang lebih baik
Semoga kita menjadi orang yang sukses dunia akhirat
Sukses buat semua

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s