Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI

Judul tulisan ini mengingatkan saya akan lagu “Andai a a a a aku jadi orang kaya …”, lagu yang dinyanyikan oleh Oppie Andaresta – Cuma Khayalan. Sehingga kalau saya kaitkan dengan judul diatas maka akan jadi andai a a a a aku jadi anggota DPD RI maka saya mau apa ya … ya saya mau tiga hal yaitu :

  1. Meningkatkan Pendidikan
  2. Memaksimalkan layanan kesehatan
  3. Mendukung penuh tumbuhnya wirausaha

Karena tugas peran dan tanggungjawab anggota DPD RI adalah mengembangkan dan menyejahterakan daerah-daerah di Indonesia, saya mengusung 3 program diatas jika saya adalah seorang anggota DPD RI. Saya yakin pembangunan di daerah bisa maju dengan 3 program diatas jika dijalankan dengan maksimal dan serius bukan asal jalan.

Kenapa saya memilih sektor pendidikan,kesehatan dan wirausaha yang harus di prioritaskan untuk dijalankan ? karena ketika masyarakat tingkat pendidikannnya baik, kesehatannnya dijamin serta anggota masyarakat terutama pemuda-pemudanya gemar berwirausaha maka dijamin tidak ada lagi orang daerah berbondong-bondong ke kota-kota besar terutama jakarta.

Tingkat pendidikan masyarakat akan mempengaruhi pola pikir dan cara pandang dalam menghadapi permasalahan yang ada sehingga menjadi penting tiap-tiap anggota masyarakat untuk terus meningkatkan pendidikannnya. Tapi hal ini perlu dukungan pemerintah dengan program pendidikan gratisnya. Dengan alokasi 20% APBN untuk sektor pendidikan seharusnya tidak ada lagi terdengar orang yang tidak sekolah karena tidak ada biaya. Maka di sinilah peranan anggota DPD dalam mengawasi distribusi dana ke sekolah-sekolah. Mamastikan anggaran tersebut tersedia kemudian mengawasi distribusi aliran dana tersebut sampai ke tangan yang berhak.

Mengenai kesehatan, rasanya tidak ada orang yang pingin sakit tapi jika ALLAH berkehendak sakit maka tugas kita adalah berobat. Tapi kita sudah paham betul betapa mahalnya biaya kesehatan di negara kita ini. Jika pemerintah tidak serius menangani hal ini maka berapa banyak masyarakat yang sakit tapi tidak mendapatkan perawatan karena masalah biaya. Program jaminan kesehatan dari pemerintah untuk masyarakat sudah ada tapi kadang-kadang tidak sampai atau sampai tapi sudah di potong anggarannnya sehingga ada tapi seperti tidak ada. Nah inilah tugas saya sebagai anggota DPD RI untuk mengawasi, memonitor dengan terjun langsung ke daerah-daerah. Dengan begitu penyelewengan dana akan kesehatan ini tidak ada karena diawasi sekalipun itu anggota DPRD atau bupati/ gurbernur yang diawasi.

Terakhir adalah membangun jiwa wirausaha, dimana kebangkitan wirausaha di suatu daerah menandakan bangkitnya perekonomian negera ini. Dibeberapa negara tetangga kebangkitan wirausaha sangat di dukung pemerintah karena mereka menyadari betul pentingnya wirausaha. Semakin banyak wirausaha yang bangkit maka akan dengan sendirinya mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapatan sehingga mereka bisa melakukan konsumsi. Semakin banyak konsumsi maka perekonomian akan jalan. Menjadi suatu hal yang harus saya perhatikan jika saya menjadi anggota DPD RI karena begitu pentingnya lahirnya jiwa-jiwa pengusaha baru. Program ini bisa berkolaborasi dengan program pertama tentang pendidikan dimana model penyaluran dana pendidikan untuk training-training wirausaha. Program wirausaha ini harus benar-benar didukung 100% aoleh anggota DPD karena dengan kewenangan dan kekutan DPD mampu menekan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program ini.

Itulah program-program yang akan saya jalankan jika saya adalah anggota DPD RI, akan terus memperjuangkan tiga program diatas secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

