Memilih Hosting yang Tepat

Memilih layanan hosting ibarat kita memilih rumah, banyak hal yang perlu kita perhatikan sebelum kita menentukan pilihan. Mulai dari keamanan, luas tanah dan bangunan, lokasi strategis atau tidak, akses kendaraan, banjir atau tidak ketika musim hujan dan lain sebagainya. Demikian juga dalam memilih layanan hosting yang tepat untuk website kita banyak pertimbangan dan hal yang perlu diperhatikan seperti Quota (Space Hosting), Bandwidth (Traffic Hosting), Kecepatan Transfer (Transfer Rate), Uptime dan Backup Data, sistem operasi yang digunakan Linux Hosting / Windows Hosting, dan Shared Hosting / Dedicated Server.

Quota (Space Hosting)
Ini merupakan space atau tempat yang tersedia untuk menempatkan file-file dan database website. Standar ukuran ini biasanya berupa Megabyte (Mb) atau Gigabyte (Gb). Dalam hal ini biaya atau uang yang kita keluarkan menentukan space hosting, semakin besar uang yang kita keluarkan maka semakin besar pula space hosting yang kita dapatkan.

Bandwidth (Traffic Hosting)
Bandwidth adalah jumlah data yang keluar dan masuk dari website. Semakin banyak pengunjung website, maka semakin tinggi pula data transfer yang keluar dan masuk. Untuk ukuran bandwidth biasanya berupa Gigabyte (Gb).
Hal ini perlu kita perhatikan karena semakin banyak pengunjung yang datang dan jika bandwidth tidak mencukupi atau over kapasitas maka akan terjadi hang. Carilah hosting yang bandwidth (Traffic Hosting) yang unlimited sehingga hal-hal seperti ini tidak akan terjadi dengan website kita

Kecepatan Transfer (Transfer Rate)
Secara umum, server hosting yang berlokasi di Indonesia akan optimal untuk pasar yang penggunanya mayoritas dari Indonesia, misalnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan hosting dengan server US (Amerika) lebih cepat dari server di Indonesia.

Uptime dan Backup Data
Periksalah apakah hosting memberikan jaminan pada data anda yang didukung oleh perjanjian layanan dan kompensasi jika tidak terpenuhi. Banyak penyedia hosting yang hanya menyebutkan uptime besar tanpa didukung dengan fasilitas untuk memeriksa dan perjanjian untuk keamanan anda.

Linux Hosting / Windows Hosting
Untuk pilihan ini tergantung dari aplikasi yang akan digunakan akan tetapi kami menyarankan pilihlah sistem operasi yang opensource karena lebih aman dan stabil.

Fasilitas
Apa saja fasilitas yang disediakan oleh hosting tersebut misalnya suport cpanel, database MySQL, Framework, FTP dan lain sebagainya. Hal ini penting karena ibarat rumah ada fasilitas tempat tidur tidak atau ada airnya tidak.

Itulah beberpa hal diatas yang perlu kita perhatikan ketika kita memilih hosting. Banyaknya penawaran hosting dari penyedia hosting merupakan keuntungan buat kita agar bisa memilih hosting yang terbaik menurut kita.

Pengalaman kami dalam memilih hosting Toko Herbal Muslim yang merupakan Toko Online kami yang pertama tidaklah langsung mendapatkan hosting yang baik. Apalagi dengan kondisi keuangan yang terbatas maka saat pertama kali memilih hosting hanya berpikiran yang murah tetapi ternyata tidak menjamin sehingga beberapa kali ganti hosting dan saat ini Alhamdulilah hosting yang kami pakai cukup stabil. Uji coba selama setahun sudah membuktikan bahwa hosting yang kami pakai saat ini yaitu jagoan hosting sudah cukup stabil.

Jika temen-teman sedang mencari hosting untuk website pribadi, toko online, atau website perusahaan tidak ada salahnya memilih jagoan hosting sebagai hosting website/ toko online temen-temen semua. kami hanya merekomendasikan untuk pilihan hosting ini tapi soal memilih yang mana temen-temen semualah yang menentukan, Selamat memilih dan menentukan hosting untuk website temen-temen semua, salam sukses selalu

Jagoan hosting pilihan saya

Muslimin
Owner Toko Herbal Muslim
http://tokoliemonline.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s