Cara membedakan MLM asli dengan Palsu

Beberapa hari lalu kita di gemparkan dengan berita ribuan orang protes ke PT Gradasi Anak Negeri, perusahaan dengan format MLM ini diduga melakukan penipuan investasi kepada masyarakat. Bisnis yang dijalani GAN menjajakan sarden ‘Kiko’.

Dengan banyaknya MLM yang ada di Indonesia baik yang lokal maupun luar masyarakat di minta berhati-hati dalam memilih usaha MLM. Jangan tergoda dengan iming-iming bonus besar tanpa ada usaha dan produk yang jelas.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidan mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam terjun di bisnis Multi Level Marketing (MLM). Bisnis MLM bersifat halal sepanjang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Masyarakat diminta mempertimbangkan kehalalan sebuah produk dan sistem MLM syariah sangat penting.

“Transaksinya harus ada obyeknya, kalau tidak riil itu namanya money game,” kata Ketua MUI Amidan dalam acara penyerahan sertifikasi MLM syariah kepada PT K-Link Indonesia, di kantor pusat MUI, Jakarta, Senin (21/6/2010). (diambil dari berita detik http://finance.detik.com/read/2010/06/21/133034/1382745/4/mui-mayoritas-mlm-tak-terjamin-kehalalannya).

Pak Amidan juga mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak praktik bisnis money game, berkedok MLM. MUI telah mengharamkan bisnis money game. Menurut Amidan, antara money game dan MLM, sepintas memang tidak ada bedanya. Namun jika diteliti lebih dalam, money game tidak memiliki produk atau jasa yang dijual. Jika ada, hanya untuk kedok saja. (sumber : http://finance.detik.com/read/2010/06/21/120954/1382647/4/mui-hati-hati-money-game-berkedok-mlm)

Jadi selain produknya jelas dan riil, kehalalan produk jadi amat penting untuk kita perhatikan dalam memilih MLM. Apalagi dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah umat islam maka HALAL jadi hal penting dalam memilih usaha MLM.

Bagaimana membedakan perusahaan MLM asli dengan palsu? Berikut saya sajikan bagaimana membedakan MLM palsu dan Asli (sumber dari http://finance.detik.com/read/2012/06/08/164336/1936502/5/pelaku-mlm-jangan-sampai–bergeser–jadi-money-game)

Bisnis format Money Game :

  • Pengelola memutar uang pendaftaran atau investasi anggota
  • Produk sepele seperti kecap, beras, atau lainnya, dan bukan produk kualitas tinggi yang diproduksi secara khusus
  • Member dijanjikan keuntungan tinggi tanpa ada penjelasan dari mana sumber uangnya
  • Member tidak dituntut untuk mengembangkan bisnis jaringan pribadi atau melakukan penjualan
    Tidak Transparan

Bisnis MLM atau penjualan langsung (Network Marketing):

  • Pengelola tidak memutar uang pendaftaran atau investasi
  • Produk spesialis dan tidak dapat ditemukan di pasar umum
  • Keuntungan anggota jelas dan berasal dari usaha member tersebut
  • Member dituntut untuk mengembangkan bisnis jaringannya dan berjualan produk jika ingin sukses
  • Terbuka dan transparan

Semoga tulisan ini bermanfaat buat temen-temen yang ingin terjun ke MLM. Pada prinsipnya MLM itu akan baik untuk masayarakat jika : produk halal, jelas/ riil, sistem yg di gunakan fair tidak menguntungkan satu pihak saja, pastikan terdaftar di APLI dan terdaftar sebagai MLM syariah. Saat ini baru ada 5 MLM yang telah mengantongi MLM syariah Kelima MLM itu antara lain PT Ahad Net Internasional, PT UFO BKB Syariah, PT Exer Indonesia, PT Mitra Permata Mandiri dan PT K-Link Nusantara..

Mari berbisnis, dan pilihlah bisnis yang tepat

Muslimin
http://tokoliemonline.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s