Cara Mencegah Demam Berdarah

Cara mengatasi demam berdarahMusim hujan sudah kembali datang, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah bersyukur kepada Allah Swt atas rahmat yang diturunkan-NYA. Dengan adanya air hujan yang turun maka tumbuh-tumbuhan bisa tumbuh, manusia tidak lagi kekurangan air begitu juga hewan. Inilah pondasi dasar pertama yang harus hadir dalam pikiran kita ketika musim hujan turun, perkara ada efek lain dari hujan  seperti banjir, muncul berbagai macam penyakit, itu lebih disebabkan karena ulah manusia sendiri. Kebiasaaan membuang sampah sembarangan, menebang pohon di hutan tidak mengikuti aturan, membangun tanpa memikirkan sistem penyerapan air, dan tingkah laku kita yang tidak bersahabat dengan alam menjadi biang itu semua.

Akibat ulah manusia yang tidak berpikir kedepan maka pas musim hujan munculah berbagai macam penyakit seperti DBD, Muntaber akibat banjir dan lain sebagainya. Maka yang bisa kita lakukan adalah melakukan pencegahan. Termasuk bagaimana cara mencegah demam berdarah di musim hujan menjadi sangat penting karena penyakit DBD saat musim hujan sering memakan korban. Ada pepatah “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”, memang betul lebih baik kita melakukan pencegahan sedini mungkin terhadap munculnya berbagai macam penyakit di musim hujan. Dan yang tak kalah penting tentu memhon pertolongan Allah Swt dan bertobat atas kesalahan-kesalah kita dalam mengelola bumi ini.

Berdasarkan data tahun lalu, Januari hingga Maret 2015, di DKI Jakarta tercatat 1042 orang terserang Demam Berdarah Dengue (DBD). Angka penderita DBD tersebut walaupun mengalami penurunan dibandingkan dengan 2014, namun jumlah kematian karena nyamuk ini mengalami peningkatkan di tahun 2015.

Selalu Hidup bersih dengan tidak membiarkan ada satupun jentik nyamuk di rumah dan lingkungan sekitar kita merupakan upaya pencegahan terbaik. Pada dasarnya kasus DBD bisa ditanggulangi asalkan tidak terlambat mendapat pertolongan medis. Jika selama ini nyamuk aedes aegypti dikenal suka berdiam diri di air bersih namun sekarang sejumlah penelitian melaporkan bahwa nyamuk ini juga ternyata bisa hidup di air yang sudah terpolusi. Misalnya di air comberan maupun air campuran kaporit, deterjen dan tanah.

Mencegah timbulnya demam berdarah bisa dilakukan mulai dari cara yang paling sederhana, yaitu memberantas sarang nyamuk melalui kegiatan 3M yaitu menguras tempat berkembang biak jentik nyamuk, menutup wadah air baik penampungan atau tempat air yang lain, mengubur semua kaleng dan ban bekas. Lakukan pemeriksaan jentik secara berkala di penyimpan air atau tempat-tempat yang bisa menampung air seperti bak mandi, talang, dispenser, pot tanaman, atau bahkan tempat minum hewan peliharaan.

Kita bisa juga melakukan larvasidasi, yaitu menaburkan bubuk larvasida atau pembunuh jentik nyamuk ke dalam tempat-tempat penampungan air, terutama pada tempat-tempat yang sulit dikuras.

Selain hal diatas kita bisa menjaga kesehatan kita dengan selalu mengkonsumsi suplemen kesehatan, misal suplemen kesehatan dari K-Link Khlorofil, Spirulina, dan anti biotik Propolis Platinum. Nah produk-produk tersebut bisa didapatkan di Toko Herbal Muslim.

Sumber : K-Link

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s